Minggu, 06 April 2014

Pengertian Shalat

Pengertian Shalat


 
Shalat (الصلاة) Menurut bahasa artinya doa. Allah Ta'ala berfirman,


"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka," (QS. At-Taubah: 103)

Maksud dari kalimat shalli (صلى) dalam ayat di atas adalah; "Doakanlah mereka"

Rasulullah saw bersabda,


 
"Jika salah seorang di antara kalian diundang, maka penuhilah, jika dia sedang puasa maka doakanlah, sedangkan jika dia tidak berpuasa, maka makanlah. " (Riwayat Muslim, no. 1431)

Maksud kalimat     dalam hadits di atas adalah: "Doakanlah sang pengundang agar mendapat barokah, kebaikan dan arnpunan." (Lihat: An-Nihayah fi Gharibil Hadits, Ibnu AtsEr, bab Ash-Shaad ma'af-Laam, 3/50. Lisanul Arab, Ibnu Manzur, Bab Al-Laam, Pasa! Shaad, 14/464, At-Ta'rifat, al¬Jurjani, hal. 174, Al-Mughni, Ibnu Qudamah, 3/5 dan Syarhul-Umdah, Ibnu Taimiah, 2/27-31)

Shalawat jika berasal dari Allah, maka maksudnya adalah pujian baik, sedangkan jika berasal dari Malaikat, maksudnya adalah doa.

Allah Ta'a!a berfirman,


 
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" {QS. Al-Ahzab: 56)

Abu `Aliyah berkata, "Sholawat yang berasal dari Allah, adalah pujian-Nya di sisi Malaikat, sedangkan sholawat Malaikat adalah doa." (Riwayat Bukhari, sebelum hadits no. 4797)

Sedangkan Ibnu Abbas berkata, "Yushallun () artinya adalah: Memberkahi.

Ada juga yang mengatakan bahwa sholawat dari Allah artinya merahmati sedang sholawat dari malaikat artinya memintakan ampunan.

Yang benar adalah pendapat pertama, (Lihat: Tafsir Ibnu Katsir, hal. 1076, dan Asy-Syarh al-Mumti', Ibnu Utsaimin, 3/228-229) berdasarkan firman Allah Ta'ala,


 
"Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka." {QS. Al-Baqarah: 157)

Maksudnya adalah mereka mendapat pujian dan rahmat dari Allah, Sebab Allah Ta'ala dalam ayat di atas menyarnbungkan ('athaf) kata () dengan kata (),

hal itu menunjukkan bahwa kedua kata tersebut berbeda maknanya. (Asy-Syarh Al-Mumti`, Ibnu Utsaimin, 3/228. Akupun mendengar makna seperti ini dari Syekh Ibnu Baaz, saat menjelaskan kitab Ar-Raudhul-Murbi', 2/35)

"Sholawat dari Allah artinya adalah: Pujian, sedangkan dari makhluk; Malaikat, manusia dan jin adalah: berdiri, ruku', sujud dan tasbih, sedangkan sholawat dari burung dan unggas adalah: Tasbih. (Lihat: Lisaanul-Arab, Ibnu Manzur, Bab Al-Yaa', Pasal Ash-Shaad, 14/465)

Adapun berdasarkan syariat, shalat adalah: Ibadah yang mengandung bacaan dan perbuatan tertentu dan khusus, diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam,
 
Dikatakan shalat karena di antara kandungannya adalah doa. (Lihat: Al-Mughni, Ibnu Qudamah, 3/5, Asy-Syarhul Kabir, 3/5, Al-Inshaf fi Ma'rifatir Rajih minal-Khilaf, 3/5, At-Ta`rifaat, Al-Jurjani, hal. 174)
 
Shalat pada awalnya adalah sebuah istilah untuk menunjukkan makna doa secara keseluruhan, namun kemudian menjadi istilah untuk doa secara khusus. Atau pada awalnya adalah sebuah kata yang berarti doa, kemudian dipindahkan kepada pemahaman shalat berdasarkan syariat karena adanya keterkaitan antara keduanya.

Perkara ini saling berdekatan. Namun jika istilah shalat disebutkan dalam syariat, maka yang dimaksud adalah shalat secara syariat, karena sesungguhnya shalat itu adalah doa secara keseluruhan, yaitu :
- Doa mas'alah (), maksudnya adalah doa yang berarti permintaan untuk mendatangkan manfaat dan menyingkirkan bahaya serta meminta berbagai kebutuhan kepada Allah Ta`ala dengan ungkapan lisan.
- Doa Ibadah , yaitu mengharap pahala dari amal shaleh yang dilakukan berupa berdiri, duduk, ruku', sujud. Siapa yang melakukan ibadah-ibadah tersebut maka dia tengah meminta kepada rabnya dengan ungkapan perbuatan agar Allah mengampuninya.

Maka dengan demikian jelaslah bahwa sholat seluruhnya adalah doa, baik doa mas'alah maupun doa ibadah, karena semua itu terkandung di dalamnya.


Istilah terkait pengertian shalat : hikmah shalat, pengertian islam, pengertian puasa, pengertian rukun shalat, pengertian shalat berjamaah, pengertian shalat sunnah, pengertian shalat wajib, pengertian sholat, pengertian tentang shalat, rukun shalat, shalat sunnah, pengertian zakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments