Minggu, 13 April 2014

Hukum Shalat

Hukum Shalat



Shalat diwajibkan berdasarkan Al-Quran, Sunnah dan Ijma' Ummat, bagi setiap muslim baligh dan berakal, kecuali bagi wanita haid dan nifas.

Dalil berdasarkan Al-Quran adalah firman Allah Ta'ala,


 
"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. " (QS. Al-Bayyinah: 5)


 
"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. " (QS. An-Nisa: 103)

Adapun dalil berdasarkan Sunnah, adalah pesan Rasulullah saw kepada Mu'az, ra, ketika dia mengutusnya ke negeri Yaman,


 
"Dan ajarkanlah mereka bahwa sesungguhnya Allah telah mewajibkan mereka untuk shalat lima waktu dalam sehari semalam. " (Riwayat Bukhari, no. 1395, Muslim, 1/50)


 
"Islam dibangun di atas lima rukun; Bersaksi bahwa tiada ilah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah, Menegakkan shalat, Menunaikan zakat, Melaksanakan haji, dan Puasa Ramadhan. " (Muttafaq alaih; Riwayat Bukhari, no. 8, dan Muslim, no. 16)


 
"Ada lima shalat yang telah Allah wajibkan bagi hamba-hambaNya, siapa yang menunaikannya, tidak mengabaikannya dengan sikap menyepelekan kedudukannya, maka Allah berjanji untuk memasukkannya ke dalam surga." (Riwayat Abu Daud, 2/62, no. 1420. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Sunan Abu Daud, 1/266, 1/86)

Ayat-ayat dan hadits-hadits tentang fardhunya shalat sangat banyak.

Adapun dalil Ijma', Umat Islam telah sepakat akan wajibnya shalat dalam sehari semalam. (Al-Mughni, Ibnu Qudamah, 3/6)

Shalat tidak diwajibkan kepada wanita haid dan nifas, berdasarkan hadits Rasulullah saw


 
"Bukankah jika haid, wanita tidak shalat dan puasa." (Riwayat Bukhari, 1/114)

 
Istilah terkait hukum sholat : bacaan sholat, hukum meninggalkan sholat, hukum niat sholat, hukum qunut, hukum shalat, hukum sholat berjamaah, hukum sholat jumat, hukum sholat subuh, sholat jumat, tata cara sholat, waktu sholat, bacaan shalat, hukum meninggalkan shalat, hukum shalat berjamaah, hukum shalat jumat, hukum shalat tarawih, hukum sholat, pengertian shalat, shalat jumat, shalat tahajud, shalat tarawih, shalat wajib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Comments